Teknologi PixelMaster, Motret Gelap Tetap Terang


Dahulu saat pertama kali mempunyai ponsel yang dilengkapi dengan kamera hampir setiap hari memotret. Mulai dari hal yang sangat penting hingga hal yang ngga penting sekali pun. Kalau ditanya hasilnya: bagus pakai banget. Eits, jangan salah. Bagus banget jama dulu itu ya agak sedikit burem dan ada bintik-bintik putih gitu. Meskipun begitu, melihat gambar sendiri di ponsel waktu itu adalah sesuatu hal luar biasa.

Waktu terus berjalan. Teknologi perkembangannya ngga bisa diprediksi. Terus berkembang dengan pesatnya tanpa ada seorang pun yang bisa menghentikan.

Hari ini peran kamera dalam sebuah ponsel sudah menjadi keharusan. Rasanya tidak ada smartphone yang tidak ada kameranya. Hal kedua yang sering ditanyakan saat membeli smartphone adalah kamera, setelah processor. Semakin besar pixel kamera akan semakin mahal harga smartphone.

Di pasaran semakin banyak smartphone yang menawarkan kamera dengan pixel yang besar. Pengguna dimanjakan dengan hasil foto yang luar biasa. Beberapa teknologi ditanamkan di dalamnya. Mulai dari face recognition, based on location, auto focus hingga LED flash.

Namun semakin maju hari kebutuhan pengguna semakin kompleks. Aku agak kecewa dengan hasil beberapa kamera yang keren di siang hari, tetapi kurang bagus ketika malam hari. Meskipun sudah beberapa smartphone sudah dibelaki LED flash, tetapi masih kurang puas.

Ketika datang lauching ASUS Zenfone di Jakarta dan mencoba salah satu produknya: ASUS Zenfone 5, aku menyukai satu teknologi yang ada di ASUS Zenfone 5. Teknologi itu diberi nama PixelMaster. Teknologi memungkinkan kita mengambil gambar dan video meski dalam kondisi gelap. Kecerahannya akan meningkat 400% dari kamera biasanya.

Meski sudah mencobanya saat di Jakarta. Aku belum puas. Aku ingin mencobanya sendiri. Akhirnya, aku mencoba teknologi ini kamar. Setelah menyiapkan obyek yang akan aku gunakan untuk ujicoba ini, aku harus menyiapkan kamera pembanding. Sempat berpikir memakai ponsel adikku yang hanya dua mega pixels, tetapi pasti kalah. Aku mencoba dengan kamera digital Canon dengan 14.1 mega pixels. Setelah menata objek sedemikian rupa, aku pilih mode low light pada ASUS Zenfone 5 dengan kamera 8 mega pixels dan program light kamera digital Canon dengan 14.1 mega pixels. Keduanya diset no flash.

Aku matikan lampu kamar. Dan mari kita lihat perbedaannya.

Ujicoba 1: Dengan sentuhan cahaya senter

Hasil kamera digital Canon 14.1 mega pixels

PIXELMaster ASUSZenfone 5 (2)

Hasil kamera ASUS Zenfone 5 dengan teknologi PixelMaster

Ujicoba 2: Tanpa cahaya senter

Hasil kamera digital Canon 14.1 mega pixels tanpa cahaya

PIXELMaster ASUSZenfone 5

Hasil kamera ASUS Zenfone 5 dengan teknologi PixelMaster tanpa cahaya

Pada ujicoba pertama, agar ada sedikit cahaya aku menghidupkan lampu senter LED. Agar terlihat objek yang sudah aku siapkan. Dan ujicoba kedua aku tidak menggunakan cahaya apapun kecuali cahaya dari pintu kamar yang terbuka.

Hasilnya bisa dilihat. Teknologi PixelMaster 400% lebih cerah daripada kamera tanpa teknologi PixelMaster.

Bukan hanya PixelMaster, tetapi kamera 8 mega pixels ASUS Zenfone 5 ini sangat worth it bagi kamu yang suka narsis di depan kamera. Berikut beberapa hasil foto menggunakan kamera ASUS Zenfone 5.

ASUSZenfone  1

Malam hari hanya ada cahaya lampu

ASUSZenfone  2

Ornamen masjid Syaichona Cholil, Bangkalan, Madura

ASUSZenfone  3

Sunset di selat Madura dari atas ferry

ASUSZenfone 4

Hijaunya dedaunan di balik terik matahari

Bagaimana, tertarik mencoba kamera yang ada di ASUS Zenfone 5?

 

3 thoughts on “Teknologi PixelMaster, Motret Gelap Tetap Terang

Leave a Reply

