Blog Competition Tuberkulosis Indonesia


poster lomba blog TB - 19Mar2014

TEMA

Temukan dan Sembuhkan Pasien TB

LATAR BELAKANG

Hasil Riskesdas atau survey PSP terbaru menunjukkan bahwa penyakit TBC adalah penyebab kematian nomor satu dari golongan penyakit infeksi pada golongan semua usia. Pada tahun 1999, WHO memperkirakan setiap tahun terjadi 583.000 kasus baru TBC dengan kematian karena TBC sekitar 140.000. Diperkirakan pada setiap 100.000 penduduk Indonesia terdapat 130.000 penderita baru TBC baru BTA positif. Penyakit TBC menyerang sebagian besar kelompok usia produktif, kelompok ekonomi lemah, dan berpendidikan rendah.

Sampai saat ini Program Penanggulangan TBC dengan Strategi DOTS belum dapat menjangkau seluruh Puskesmas. Demikian juga rumah sakit pemerintah, swasta dan unit pelayanan kesehatan lainnya. Pengobatan yang tidak teratur dan kombinasi obat yang tidak lengkap dimasa lalu, diduga telah menimbulkan kekebalan ganda kuman TBC terhadap Obat Anti Tuberkulosis (OAT) atau Multi Drug Resistance.

Sejak tahun 1995, Program Pemberantasan Tuberkulosis Paru telah dilaksanakan dengan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse chemotherapy) yang direkomendasi oleh WHO. Seiring dengan pembentukan GERDUNAS TBC, maka Pemberantasan Penyakit Tuberkulosis Paru berubah menjadi Program Penanggulangan Tuberkulosis (TBC).

Perkembangan informasi yang semakin pesat, ditunjukkan dengan 50 juta orang pengguna internet di Indonesia (APJJI). Pemanfaatan internet secara positif dan kreatif untuk tujuan yang lebih bermanfaat mampu diwujudkan dengan mengikutsertakan blogger dalam sosialisasi penyakit TB.

Dengan mengandalkan kekuatan internet, dalam hal ini blogger, dan dalam rangka Hari TB Sedunia, mengadakan lomba blog tentang temukan dan sembuhkan pasien TB, yang diadakan dengan 8 Serial. Setiap serial memiliki rentang waktu 2 minggu dan setiap mingguakan terdapat seorang pemenang mingguan.

Dengan lomba blog ini, mengenalkan TB ke masyarakat melalui peran blogger, mendorong konten positif tentang Temukan dan Sembuhkan TB di Internet juga untuk memperoleh sebanyak mungkin artikel yang mendidik di internet.

Deskripsi Lomba

Lomba blog ini akan diadakan mulai tanggal 24 Maret – 12 Juli 2014. Akan ada 8 serial. Setiap serial berdurasi selama 2 minggu. Setiap serial akan dipilih satu pemenang mingguan dan pada akhir lomba akan dipilih pemenang utama,runner up dan pemenang ketiga.

Peserta Lomba : Blogger Indonesia

Persyaratan Lomba (baca di sini)

APRESIASI

PEMENANG UTAMA : Macbook

Pemenang 2 : Samsung Galaxy Tab 3

Pemenang 3 : Samsung Galaxy Grand

Pemenang mingguan: uang tunai

Referensi :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s