Tips Presentasi Memikat Dosen


Aku berpikir bahwa aku ngga bisa dan ngga boleh takut terhadap presentasi. Karena semua orang-orang keren itu bisa presentasi di depan.

***

Presentasi adalah hal yang mutlak dikuasai semua orang, apalagi mahasiswa. Aku terkadang gemes melihat cara presentasi mahasiswa ketika aku menjalani tugas amanah undang-undang: melunasi janji kemerdekaan, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. *halah, padahal jadi dosen paling GJ se kampus.😀 *

Oke ikat cucut naik kereta. Oke, mari lanjut cerita.

Sejak aku sakit parah saat berumur 4 tahun, suaraku menjadi mengecil, kacau dan terputus-putus. Itu sebabnya dulu aku paling tidak suka dan sangat takut ketika mengerjakan tugas yang menggunakan suara, mulai tugas sekolah bahkan sampai kuliah. Lantas aku berpikir bahwa aku ngga bisa dan ngga boleh takut terhadap itu, apalagi presentasi. Karena semua orang-orang keren itu bisa presentasi di depan. Inilah tips yang aku lakukan sehingga berani presentasi, ngga hanya presentasi tetapi juga menyampaikan pesan dengan keren menggunakan media slide presentasi seperti power point.

1. Persiapan

Persiapan itu ada dua: persiapan cara presentasi dan persiapan materi yang akan dipresentasikan.

Sampai sekarang, aku masih banyak baca buku bagaimana teknik presentasi, mulai dari buku Larry King hingga buku cara ceramah yang baik. Kalau masih takut atau ngga pede, aku saranin kamu harus ikut organisasi atau komunitas agar bisa meningkatkan mentalmu.

Presentasi tanpa mempersiapkan materi sama saja seperti pergi ke gunung ngga bawa bekal, bisa-bisa ngga sampai puncak. Membaca banyak literatur tentang apa saja yang ingin kita presentasikan. Carilah beberapa buku-buku di perpustakaan kampus, ada banyak buku keren yang terkadan ngga pernah kita sentuh gara-gara menerapkan sistem kuliah 3K (Kuliah, Kantin, Kontrakan!). Oke, kalau persiapan sudah matang dan mantap, sekarang saatnya memerhatikan skenario presentasi. Jadi ngga sabar kan membuat dosenmu menggangguk-angguk tanda dia paham dan mengerti apa yang akan kamu sampaikan, hehehe.😀

2. Perhatikan skenario presentasi

Skenario presentasi itu seperti memilih jalur tercepat jika ingin ke Monas, jika kita tidak membuat skenario alhasil jika bisa muter-muter Jakarta tanpa ada kejelasan dan bikin kepala kita mumet bukan kepayang😀, maka dari itu harus ada skenario jika ingin presentasi. Salah satu contoh harus ada skenario saat presentasi, di awal presentasi kita katakan akan menyampaikan apa saja, point-point presentasi kita. Jadi yang merhatikan presentasi kita jadi paham, kita akan berbicara apa saja, seperti mind-map kita. Gampangnya: jika ingin menjelaskan cara memasak pisang goreng, harus dijelaskan diawal apa saja bahan-bahannya dan kira-kira bagaimana langkah-langkahnya. Begono.

3. Buat media presentasi semenarik mungkin

Ketika persiapan sudah, skenario juga mantap. Sekarang saat buat medianya. Media presentasi bisa apa saja, bisa hanya dengan  papan dan spidol, projector dan power point, atau menggabungkan semuanya.

Jika menggunakan spidol, coba gunakan spidol berwarna, pasti akan semakin memikat dosen. Karena terlihat niat banget gitu njelasinnya.

Kalau menggunakan projector dan power point harus lebih mantap nih ngebuatnya. Yang sering terjadi biasanya, kita terlalu over atau kadang juga biasa saja. Jangan terlalu over dengan memasang bekgron aneka macem yang ngga jelas, sehingga pesannya ngga tersampaikan, atau justru cuma text dengan layar putih, itu jelas membosankan. Gunakanlah minimalis, ada gambarnya, jangan terlalu banyak teks, dan yang paling penting jangan hanya read the slides. Kalau cuma baca, itu namanya baca slide bukan presentasi😀. Jadi di slide kita sampaikan point-point-nya saja, kalau perlu cuma gambarnya saja, kita yang menjelaskan. Kan, sudah persiapan dengan baca-baca literatur. Jadi ngga sulit menjelaskannya!

 4. Jangan lupa humor

Terakhir, biar ngga kaku dan terkesannya membosankan, berilah humor memikat. Kalau perlu belajar dari Sule atau Olga, dijamin ngakak semua seisi kelas. Hal ini penting untuk merefresh para penikmat presentasi kita *halah penikmat, emang penikmat kopi?😀*

Kalau sudah begitu, kita akan semakin pede dan ketagihan presentasi dan akan membuat dosen kita tersenyum dan ringan menggoreskan huruf A di lembar KHS kita. Horeeee.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s