Thousand Islands Million Charms


Ribuan pulau,
Ragam budaya,
Tarian yang Elok,
Santunnya Bahasa,
Kearifan manusianya,
Berjuta makanan lezat,
Kekayaan tanah airnya,
Alamnya bagai tanah surga,
Peninggalan sejarah yang memukau,
Berjuta kisah berbeda bersambung,
Melewati desiran angin dari ujung Sabang hingga puncak Merauke.
Hingga dunia mengenalnya sebagai negara besar bernama Indonesia.

***

Indonesia, aku bangga menjadi bagian dari sejarahmu. Aku bangga bisa lahir di tanahmu yang subur. Aku bangga bisa menghirup udaramu yang segar. Aku bangga meminum airmu yang segar. Aku bangga melihat langitmu yang anggun.

Miliaran kalimat yang tersusun bagaimanapun, terstruktur seilmiah apapun, tidak akan pernah bisa menggambarkan begitu dahsyat pesona dan potensimu. Orang buta-pun juga akan tahu kalau Indonesia adalah negeri kaya dan subur dengan ribuan pulaunya yang terbentang diantara samudra Pasifik dan samudra Hindia.

Negara yang menjadi “rel” bagi perlintasan matahari. Dikelilingi oleh gunung berapi,seolah bergandengan tangan melingkari nusantara. Menjadi incaran semua negara akan kesuburan alam menghebohkan dunia. Satu demi satu datang ke negeri ini hanya untuk mengambil tanaman langka bernama Rempah. Kicauan burung di hutan belantara Indonesia menjadi hiburan yang tiada duanya bagi orang asing. Panorama indah tiada bandingannya tersimpan tidak hanya di daratan, tetapi lihatlah kekayaan panorama bawah laut negeri ini. Taman laut Bunaken hingga replika surga di Raja Ampat, Papua menjadi bukti nyata indahnya Indonesia. Deretan candi dengan berbagai relief dan arsitektur tersebar begitu saja seantero negeri. Belum lagi, senyuman masyarakat dan lezatnya makanan Indonesia membuat warga asing begitu nyaman tinggal di negeri ini.

Thousand Islands Million Charms yang mempunyai makna Ribuan Pulau Sejuta Pesona akan menjadi kalimat sakti mengguncang dunia. Membuat turis menoleh akan pesona berbagai wisata Indonesia. Ada puluhan pulau seperti (bahkan lebih bagus dari) pulau dewata, Bali. Lebih dari ratusan pertunjukan budaya tersaji setiap tahunnya. Mengenang sejarah menghargai leluhur lewat budaya dilakukan setiap daerah. Pertunjukan berbeda-beda, setiap wilayah di negeri ini mempunyai budaya dan tradisi masing-masing. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dipraktikkan secara bersama-sama di setiap wilayah.

Biarlah Malaysia sukses dengan kalimat “Truly ASIA”-nya. “Thousand Islands Million Charms” hanyalah sebuah kalimat yang terdiri dari 4 kata dengan 31 huruf, kalimat sederhana dan belum bisa mengambarkan pesona negeri ini, tapi setidaknya lewat 4 kata itu, Indonesia bisa tampil di kancah internasional, memberi kabar kepada manusia di bumi bahwa ada negeri indah di ujung tenggara Asia bernama Indonesia.

****

*Catatan: Puisi di awal tulisan ini berbentuk seperti stupa candi Borobudur. Hal ini tidak sengaja terjadi. Semoga dapat membuat kita lebih bangga akan Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s