Tips Melakukan Penelitian


Riset. Sesuatu yang diwajibkan dalam bidang akademisi. Terutama di kalangan civitas kampus, baik mahasiswa atau dosen.

Sering sekali saya mengalami, atau bahkan mendapat pertanyaan tentang tips bagaimana melakukan penelitian, tentang bagaimana memahami paper-paper rujukan juga bagaimana memulainya. Bukan sok jago, atau berlagak sudah membuat ratusan paper. Saya cuma ingin mencatat beberapa catatan penting yang sekiranya bermanfaat untuk semua yang ingin melakukan penelitian.

Pertanyaan tentang bagaimana memahami banyak paper? atau bahkan bingung dalam memahami metode yang ada dalam paper-paper yang kita baca. Berikut saya capture update status Pak Romi Satria Wahono dalam akun facebooknya:

Patokan umum dan best practice untuk melakukan penelitian yang benar, lurus dan berkualitas, untuk level s1 (harus baca 20-70 paper), level s2 (baca 70-200 paper) dan level s3 (200-600 paper), ini juga menjawab pertanyaan mahasiswa yang sering ngeluh, banyak baca paper kok malah tambah pusing, silakan ikuti best practice ini, maka kepala akan nyaman, kepala jadi pusing karena ternyata yang kita baca memang “belum banyak”, welcome to the jungle!

Setelah masalah penelitian mulai nampak, kejar paper-paper (technical) yang disitasi oleh paper review tadi, download, baca dan jadikan landasan untuk masalah penelitian, berikutnya susun state-of-the-art methods untuk memecahkan masalah tadi, rangkumkan dari technical paper apa yang sudah lakukan orang lain, usahakan ambil maksimal 5 tahun terakhir saja, yang lain lupakan, dari situ mulai pikirkan mau diimprove di sisi mana, jangan lupa landasi dengan referensi kenapa kok memilih solusi itu, setelah mulai nyaman dan pasti, susun korelasi RP (Research Problems) – RQ (Research Questions) – RO (Research Objectives) nya, sekali lagi, supaya kepala tidak pusing, lupakan paper proceedings conference, ambil hanya paper journal yang terindeks SCOPUS atau ISI.

Semoga catatan kecil ini menambah wawasan kita tentang cara terbaik untuk melakukan penelitian. Semoga bermanfaat!😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s