Pembahasan UTS Matakuliah PTI2012


1. Jelaskan tentang sejarah komputer dan keyboard qwerty!

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.

Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming). Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.

Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940. Susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.

2. Sebutkan (Min. 15) contoh input devices!

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Trackball
  4. Pointing Stick (trackpoint)
  5. GlidePad/ TouchPad/ Trackpad
  6. Pen/Stylus
  7. Touchscreen
  8. Game Controller
  9. Joy stick
  10. Lightpen
  11. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
  12. Optical Mark Recognition (OMR)
  13. Bar Code Reader
  14. Handwritten Recognition
  15. Scanner
  16. Digital Camera
  17. Web Cam
  18. Voice Input
  19. Speech recognition
  20. Looking
  21. Finger print reader

3. Apakah perbedaan antara monitor CRT dan LCD!

  • Monitor CRT: Sinar dalam tabung diarahkan, Monochrome, Color : Red Green Blue (RGB)
  • Monitor LCD: Transistor ada di tiap baris dan kolom, Refresh rate rendah.

4. Sebutkan dan Jelaskan macam-macam printer!

  • Impact Printer; bekerja dengan sistem “pengetukan”. (Contoh: Dotmatrix, Line printer, Band printer, Daisywheel )
  • Inkjet/ bubble jet Printer; Menyemprrotkan tinta dari lubang jet.
  • Laser Printer; Menggunakan sinar laser membentuk image pada drum.
  • Thermal Printer; Mencetak dengan pemanasan.

5. Sebutkan bagian-bagian yang ada di Motherboard!

  • Zif socket for Processor
  • Chipset BIOS
  • Memory banks
  • Power connector
  • EIDE
  • Floppy Connector
  • ISA/PCI Slot

6. Sebutkan bagian-bagian dari CPU!

– Arithmetic Logic Unit (ALU)
– Control Unit (CU)
– Registers
– Data Cache
– Bus Unit
– Instruction Cache
– Prefetch Unit
– Decode Unit

7. Apakah perbedaan dari Prefetch Unit dan Decode Unit?

  • Prefetch Unit menentukan kapan mengambil data dan instruksi dari Instruction Cache atau Main Memory komputer berdasarkan perintah atau tugas yang diberikan
  • Decode Unit hanya melakukan decoding atau menterjemahkan instruksi dari bahasa mesin yang kompleks ke dalam format sederhana yang dimengerti oleh Arithmatic & Logic Unit (ALU) dan Register.

8. Bagaimanakah cara CPU bekerja?

Sequential

  • Instruksi dikerjakan secara berurutan.
  • Instruksi kedua dikerjakan setelah instruksi pertama selesai

Pipelining

  • Instruksi dikerjakan hampir bersamaan
  • Instruksi pertama dijalankan (execute) pada saat instruksi kedua diterjemahkan (decode), dimana pada saat yang sama instruksi yang lain sedang diambil (fetch)

9. Jelaskan perbedaan antara sector dan track!

  • CD terbagi menjadi beberapa track, dan setiap track akan terbagi menjadi beberapa sector.
  • Sector merupakan bagian terkecil dimana data disimpan.

10. Jelaskan sejarah singkat dari Linux, Windows, MacOS, dan Android? (disertakan dengan versi-versinya)

  • Linux; Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Biografi ada di ilmukomputer.com) yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968. Karena tujuan UNIX adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka UNIX ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menuliskan kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih terus bertahan sampai saat ini. Beberapa versi dari Linux: Ubuntu dan derivatifnya : Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE, SuSEFedoraBackTrackMandrivaSlackwareDebianCLinuxOSKnoppixXandrosSabayonCentOSRed HatClearOSChromeos
  • Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Beberapa edisi Microsoft Windows: Windows 1.0, Windows 2.x, Windows 2.1x, Windows 3, Windows 95, Windows NT 4.0, Windows 98, Windows 2000, Windows Me,  Windows XP, Windows Vista, Windows Home Server, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 8 [coming soon]
  • Machintosh Operating System (MacOS) merupakan system operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Mac OS merupakan sistem pengoperasian pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis(GUI). Beberapa versi dari MacOS: Apple DOS, Apple Pascal, Apple CP/M, Apple SOS, Apple ProDOS, Machintosh, Mac OS system 1, 3, 7, 7.6, 8, 9 Tiger, Server 1.0, 10.0 “Cheetah”, 10.1 “Puma”, server 10.1, 10.2 “Jaguar”, server 10.2, 10.3 “Panther”, 10.4 “Tiger”, server 10.4, 10.5  “Leophard”,10.6 “Snow Leopard” , 10.7 “Lion”, 10.8 “Mountain Lion”.
  • Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Pada Juli 2005, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. Beberapa versi dari Android:  Android Beta, Android 1.0 (Astro), Android 1.1 (Bender), Android 1.5 Cupcake, Android 1.6 Donut, Android 2.0/2.1 Enclair, Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo), Android 2.3 Gingerbread, Android 3.0/3.1 Honeycomb, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Android versi 4.1 (Jelly Bean), Android Jelly Bean: Android 5.0.

Note:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s