Cara Install MySQL Workbench di Ubuntu


https://i0.wp.com/notesofgenius.com/media/2010/05/MySQL-Workbench.jpg

Ternyata tidak mudah menginstall MySQL Workbench di Ubuntu. Biasanya kita hanya mengetikkan perintah ajaib yaitu sudo apt-get install semuanya akan terinstall di Ubuntu. Tapi kali ini tidak untuk menginstall MySQL Workbench. Butuh sedikit waktu ngoprek untuk bisa menginstall aplikasi ini. Terima kasih juga buat Mas Aris dan Mas Joko yang sudah membantu saya dalam menginstall aplikasi ini.

Sebelum saya beri tahu bagaimana menginstall MySQL Workbench, tidak salahnya saya menuliskan sedikit pengetahuan apa itu MySQL Workbench, “makanan” dari mana itu?🙂 .

Menurut Wikipedia:

MySQL Workbench adalah sebuah perangkat aplikasi berbentuk visual yang dipergunakan untuk mengelola basis data. Perangkat aplikasi ini biasa digunakan oleh seorang arsitek basis data, pengembang basis data, serta administator basis data. MySQL Workbench menyediakan model data, pengembangan SQL, dan peralatan administrasi yang komperhensif untuk konfigurasi server basis data, administrasi pengguna, dan masih banyak lagi. MySQL Workbench tersedia pada platform Windows, Linux dan Mac OS.

Pertama kamu harus download dulu MySQL Workbench-nya. Belum tau juga dimana tempat mendownloadnya? karena saya baik hati, saya kasi tahu dimana tempatnya. Silahkan klik link ini untuk mendapatkan MySQL Workbench secara gratis. Saya memakai MySQL Workbench versi mysql-workbench-gpl-5.2.33-1ubu1004-i386.deb. jadi silahkan cari MySQL Workbench sesuai dengan yang saya pakai, tapi kalau kamu ngenyel ingin versi terbarunya ya gak apa-apa🙂 .

Kalau sudah mendapatkan MySQL Workbench-nya, jangan install terlebih dahulu tapi harus sedikit melengkapi library yang diperlukan MySQL Workbench agar bisa berfungsi dengan baik dan benar. berikut beberapa library yang harus diinstall.

wahyu@wahyu-laptop:~$ sudo apt-get install liblua5.1-0

wahyu@wahyu-laptop:~$ sudo apt-get install python-pysqlite2

wahyu@wahyu-laptop:~$ sudo apt-get install python-paramiko

wahyu@wahyu-laptop:~$ sudo apt-get install libctemplate0

wahyu@wahyu-laptop:~$ sudo apt-get install libzip1

Setelah menginstall embel-embel di atas sekarang tinggal double click mysql-workbench-gpl-5.2.33-1ubu1004-i386.deb yang sudah di download. Jangan lupa membaca Basmalah sebelum menginstall.

Selamat mencoba, semoga sukses!😀

8 thoughts on “Cara Install MySQL Workbench di Ubuntu

  1. mysql-workbench-gpl-5.2.33-1ubu1004-i386.deb letaknya dimana?
    saya pake ubuntu 11.04

    makasih sebelumnya gan

  2. Hm terima kasih mas..
    Dari td saya cari” yg ngebahas tentang mysql browser gtwnya ktemu d blog ini…
    Tp mysql browse ini ga bisa export ato import data ya?😕

  3. mator sakalangkong yeh,,
    meskipun saya tidak begitu paham dengan ubuntu linux,,
    tp saya coba berhubung semua praktikum menggunakan open source…😛

    lattong benynya’ yu

Leave a Reply

