SOLO Ajang Sharing dan Reuni Blogger


SOLO atau Sharing Online Lan Offline adalah Jambore Blogger Indonesia yang diadakan oleh teman-teman Blogger Surakarta dan Sekitarnya. SOLO diadakan pada tanggal 5-6 Juni 2010. Seperti ajang temu blogger sebelumnya, acara selalu ramai dengan para komunitas blogger yang datang dari berbagai daerah. Selain Plat-M yang datang dari Madura, ada TPC dari Surabaya, Pendekar Tidar dari Magelang, blogger Ngalam dari Malang, kota reyog dari Ponorogo, Ibote dari Bekasi, dan masih banyak lainnya.

Banyak manfaat dari ajang seperti ini, salah satunya adalah menambah teman. Mungkin kita baru bisa bertemu dengan teman yang biasanya chatting di internet. Berkumpul dengan blogger seluruh Indonesia merupakan harapan setiap blogger pastinya. Tentu dengan acara seperti SOLO ini tidak dilewatkan untuk para blogger untuk reuni ketika baru bisa ketemu di Amprokan Blogger atau waktu pesta Blogger 2009, selain itu merupakan ajang mencari teman baru,  yang mungkin bisa menjadi rekan bisnis, teman online, teman sharing, atau bahkan lebih dari sekedar teman.

Berkumpulnya komunitas dari berbagai daerah merupakan kesempatan untuk melakukan sharing antar komunitas. Hal ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang komunitas-komunitas yang lain, kegiatan, keunikan, ataupun agenda terdekat bagi setiap komunitas blogger. Ada beberapa saran yang muncul ketika sharing ringan yang diadakan di Gazebo – Wisma Seni, sharing yang diiringi dengan musik keroncong itu berlangsung sangat semarak dan sangat akrab, ada perkenalan setiap komunitas termasuk Plat-M, ada usulan diciptakannya Hymne Blogger, ada yang promosi tentang kegiatan di depannya, sampai ada yang mengemukakan keinginannya membentuk komunitas bagi daerah yang belum ada komunitas blogger.

Sangat menarik memang ketika kita harus berbicara komunitas bloggger. Kegiatannya selain menulis di blog, ada beberapa kegiatan yang menarik untuk mereka hadiri, seperti temu blogger di suatu daerah seperti Bekasi dan Solo yang sudah mengundang beberapa komunitas untuk hadir ke kota masing-masing. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapat oleh penyelenggara ataupun peserta acara yang berhubungan dengan komunitas blogger.

Bagi peserta, ini merupakan ajang mencari pengalaman, mencari ilmu, mencari teman, refreshing, dan banyak lainnya, bagi penyelenggara juga akan memberika feedback juga, selain kota mereka kedatangan turis yang menguntungkan perekonomian kota tersebut, penyelenggara juga akan dibantu oleh para blogger untuk menyebarkan beritanya ke masyarakat luas via blog masing-masing peserta. Misalnya saja acara SOLO ini,  para peserta akan menulis di blog mereka masing – masing tentang Solo dan apa yang ada di Solo, dengan begitu blogger sudah menjadi citizen jurnalism bagi kota penyelenggara yang menginginkan branding image.

Semoga keuntungan yang diperoleh oleh kota penyelenggara ini dapat membuka wawasan para pemimpin kota-kota lain agar membuka wawasan tentang kehidupan komunitas blogger yang semakin tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

7 thoughts on “SOLO Ajang Sharing dan Reuni Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s