Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan


Study Now, Leader Tomorrow!

http://nafismudrika.files.wordpress.com/2009/09/leader.jpg

Menyampingkan semua permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah saat ini seolah tanda henti seperti aliran air terjun si pisau-pisau. Sebagai generasi muda yang perlu dipikirkan saat ini adalah bagaimana mencari the new president SBY, seorang pemimpin baru untuk Indonesia ke depan yang berwawasan, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan kemampuan untuk bersaing guna menjawab tantangan Indonesia di abad ke-21. Zaman berubah, kebutuhan akan karakter kepemimpinan juga akan terus berubah sesuai dengan tuntutan zaman.

Untuk menciptakan pemimpin muda yang cerdas, perfeksionis, dan cendikia diperlukan perhatian khusus pada generasi muda Indonesia di masa sekarang. Dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat menuntut remaja untuk menjalani kehidupan serba sulit dengan tantangan yang lebih berat. Banyak remaja yang tidak kuat menjalani kehidupan sekarang, akibatnya karena banyak faktor tadi mereka terjerumus ke dalam “lembah hitam” seperti narkoba, minum-minuman keras dan pergaulan bebas. Ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena masa depan Indonesia berada ditangan mereka.

https://i1.wp.com/www.peppersprayproductions.org/leaderlogo.gifBanyak faktor penyebabnya, diantaranya pertama, disebabkan oleh aliran informasi yang begitu cepat karena dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi cenderung dimanfaatkan untuk melakukan “penjajahan secara halus” yang dilakukan pihak luar menggunakan kemudahan yang diberikan teknologi seperti halnya internet. Sejak tahun 2002 pengguna internet di Indonesia meningkat ± 200%, hal ini perlu diperhatikan oleh pemerintah efek buruk bagi generasi muda Indonesia. tidak heran jika kasus-kasus kriminal, asusila, pembunuhan meningkat dari tahun ke tahun, Karena “penjajah zaman sekarang” tidak akan menjajah anak kecil atau kakek nenek, melainkan remaja yang menjadi target utama para penjajah di era modern. Karena perlu diingat bahwa kehidupan suatu bangsa bergantung pada pemuda disuatu bangsa tersebut.

Mengingat Undang – Undang tentang Teknologi dan Informasi masih dalam tahap implementasi, perlu dibuat peraturan yang lebih tegas kepada para pelaku bisnis di bidang ini agar lebih memproteksi remaja Indonesia dari “virus” yang disebabkan oleh bisnisnya tiu yang akan berdampak pada moral pemuda Indonesia.

Kedua, peranan orang tua dalam memproteksi kehidupan remaja saat ini sangat mutlak diperlukan, karena guru pertama mereka adalah orang tua. Kebanyakan orang tua sekarang terlalu sibuk dengan kehidupan pribadinya, mereka tidak menghiraukan dan mempedulikan pendidikan anak-anak mereka. Bahkan ada seorang Ibu di Madura takut menyekolahkan anaknya ke tingkat SMP meski sekarang gratis karena ada program BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dari pemerintah, beliau masih takut akan ada pembayaran lagi di kemudian hari, sedangkan Ibu itu harus menjadi single parent karena suaminya meninggal, padahal anak dari Ibu itu masih semangat dan ingin untuk sekolah, tapi hanya karena ketidaktahuan dan ketidakmampuan orang tua membuat banyak generasi penerus bangsa yang putus sekolah. Pemerintah harus concern untuk selalu memberi pengarahan kepada para orang tua di negeri ini agar tetap memperhatikan masa depan pendidikan anak-anak mereka, selain itu juga program BOS yang selama ini sudah berjalan dan sangat berguna bagi masyarakat kurang mampu ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi seperti SMA/SMK guna menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik kedepannya.

Ketiga, menumbuhkan sarjana di Indonesia berjiwa entrepreneur agar bisa menjadi sarjana yang selalu inovatif, kreatif, dan berani mengambil resiko. Di era sekarang bekal entrepreneur sangat diperlukan. Karena menurut beberapa survei serapan lulusan S1 yang diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya 4% setiap tahun. Sehingga paradigma yang berkembang di masyarakat bahwa lulusan S1 pasti akan menjadi PNS harus segera dihilangkan. Sebab sumber daya manusia di negara-negara maju lebih didominasi oleh entrepreneur, seperti halnya Cina, Jepang dan Amerika, tapi sejauh ini di Indonesia hanya ada sekitar 0,8% dari penduduk di Indonesia. Hal ini menjadi penting karena yang akan terjadi di Indonesia pada abad ke-21 adalah arus globalisasi yang menuntut generasi muda Indonesia untuk bersaing dengan para pemuda-pemuda lainnya di negara berkembang. Persiapan itu harus mulai dari sekarang guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, disamping dari itu juga dengan munculnya new entrepreneur akan meningkatkan kesejahteraan kehidupan bangsa karena berkurangnya angka pengangguran.

Keempat, ialah Pemerintah harus meningkatkan perhatian di bidang Pendidikan di Indonesia seperti halnya memperbanyak beasiswa sekolah atau kuliah ke negara-negara berkembang di dunia bagi siswa, mahasiswa, guru dan para dosen. Karena diharapkan dalam kurun satu generasi di negeri ini muncul 20.000 doktor, 100 pusat keunggulan di seluruh penjuru negeri, 25 Universitas bertaraf Internasional dan menjadi bangsa yang cerdas dengan masyarakat ilmu pengetahuan yang dinamis.

Diharapkan dengan beberapa kemajuan itu, para pemuda bisa lebih berkonsentrasi belajar untuk mengejar cita-cita bangsa di masa depan. Study now, leader tomorrow. sehingga lahir pemimpin yang bisa melanjutkan pemerintahan yang sedang berkembang dan tertata, ditambah dengan inovasi-inovasi baru guna menyongsong transformasi Indonesia di abad ke-21.

Semoga kedepannya muncul generasi muda yang selalu menjaga gelora nasionalisme dan terus memanjukan Internasinalisme Indonesia, selalu bersemangat, yakin pada reformasi dan demokrasi, dan dipacu oleh energi positif untuk mengikrarkan satu tekad dan niat mulia men-transformasikan Indonesia menjadi bangsa yang besar di abad ke-21 dengan selalu bermunculan generasi pemuda cendekia yang tiada henti seperti aliran air terjun gunung rinjani yang mengalirkan air dengan tanpa henti. Semoga!

2 thoughts on “Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan

  1. amin.. semoga saja presiden/pejabat kita juga seorang blogger, sehingga bisa membaca posting anda, dan memperbaiki kinerjanya !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s