Perbedaan Unix, Linux, MacOS, FreeBSD dan Solaris


https://i0.wp.com/www.unix.org/images/unix_plate.jpg

Unix pertama kali dibuat di Bell Labs, sebuah unit riset dan pengembangan di bawah AT&T (dan sekarang di bawah Lucent) untuk komputer mini PDP dan VAX. Versi terakhir yang ditulis Bell Labs sendiri adalah versi ketujuh (V7), 1979. Sejak 1974 Universitas of California, Berkeley, menggunakan Unix, dan sejak 1977 juga mulai mengembangkan Unix-nya sendiri (BSD). Sepanjang sejarahnya, Unix telah dikembangkan oleh berbagai vendor dan telah hadir dalam berbagai rupa dan rasa. Tidak semuanya gratis, tidak semuanya saling kompatibel. Unix popular karena portabel—ditulis dalam bahasa tingkat tinggi C sejak 1973 dan bukan assembly, sehingga mudah dipindahkan antararsitektur komputer—serta memiliki konsep sederhana dan elegan.

http://dimassuwendo.files.wordpress.com/2009/03/linux-penguin-full1_2.jpg
Linux sendiri baru muncul tahun 1991 dari tangan seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds. Ini berarti setelah Apple dan Macintosh dan NT, dan sudah pasti setelah Bill Gates kaya raya. Saat itu Linus bermain-main dengan Minix, sebuah sistem Unix untuk PC berbasis Intel. Karena berbagai keterbatasan Minix, maka Linus memutuskan untuk menulis sistem operasi sendiri! Maka lahirlah Linux. Sejak awal Linux telah dikembangkan oleh para peminatnya di seluruh dunia, karena sejak versi 0.02 telah dirilis di newsgroup Internet. Saat ini kernel (inti sistem operasinya itu sendiri) Linux telah mencapai versi 2.4, dan puluhan distro (kemasan Linux beserta program-porgram aplikasi) serta bisnis seputar Linux telah berkembang pesat. Linux popular karena alasan-alasan yang telah kita bahas sebelumnya tadi: gratis, berlisensi GPL, dan memiliki fitur-fitur seperti halnya Unix lain.
Jadi bisa dibilang Unix adalah keluarga sistem operasi, sementara Linux adalah sebuah tiruan Unix. Linux bisa digolongkan sebagai sebuah sistem dari Unix.

Sun Solaris adalah sebuah operating system Unix berbasis sistem operasi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1992 sebagai pengganti SunOS. Solaris dikenal dengan skalabilitasnya, terutama pada SPARC sistem, dan mempunyai banyak fitur-fitur inovatif seperti DTrace dan ZFS. Solaris berbasis SPARC dan x86 dan berbasis workstation dan server dari Sun dan vendor lainnya, dengan upaya yang dilakukan untuk port ke platform tambahan. Walaupun secara historis dikembangkan sebagai perangkat lunak berpemilik, didukung oleh sistem yang dibuat oleh semua vendor server utama, dan mayoritas dari basis kode sekarang perangkat lunak open source melalui open solaris proyek.

Sun Solaris sendiri masih tabuh didengar dikalangan umum karena jarang yang memakainya untuk sistem operasi pada PC. Karena itu Sun Solaris kurang populer namanya di kalangan masyarakat.

Macintosh atau lebih dikenal MacOs merupakan salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPc yang diproduksi oleh Apple. Ternyata asal-usul operating system MacOs adalah sebuah computer personal yang dinamakan Macintosh oleh Jef Raskin karena macintosh adalah salahsatu jenis buah apel yang sangat disukai oleh beliau. Macintosh diperkenalkan pada bulan Januari tahun 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Secara tampilan grafis memang macintosh lebih unggul dari Linux, namun macintosh sangat jarang digunakan oleh umum karena hanya dipakai oleh orang-orang tertentu. Dan tidak sebebas Linux dalam proses pengembangannya.
https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/_snECMSHMOyo/SxTN4eLOUmI/AAAAAAAAAGw/qUzYfSRiAAo/s1600/freebsd-logo.gif

FreeBSD merupakan sebuah operating system bebas serupa operating system Unix. FreeBSD sendiri diturunkan melalui AT&T Unix melalui Berkeley Software Distribution (BSD). FreeBSD terkenal dengan sebutan “raksasa tak dikenal” diantara software operating system bebas. FreeBSD bukan merupakan tiruan Unix, tetapi berjalan seperti operating system Unix. FreeBSD bekerja dengan Unix-compliant internals dan sistem API. FreeBSD umumnya sebagai operating system yang dapat diandalkan dan kuat. Proyek pembangunan operating system FreeBSD dimulai pada tahun 1993 yang tumbuh dengan cepat. Banyak keunggulan yang bisa didapat dari operating system FreeBSD tersebut.
Dari keempat software operating system diatas. Hampir seluruhnya merupakan pengembangan dari operating system Unix. Namun dari setiap operating system diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya operating system Linux dan FreeBSD merupakan operating system yang kebal terhadap virus dan stabil dalam menjalankan system operasi, namun kekurangan dari Linux dan FreeBSD sendiri adalah masih jarang yang menggunakannya. Dan kelebihan lainnya merupakan sebuah operating system yang open sourch yaitu operating system yang mempunyai kode (kernel) terbuka, yang dapat dikembangkan oleh siapapun secara bebas tanpa khawatir terkena pidana seperti menggunakan software operating system Microsoft.

diambil dari : http://linux.blog.gunadarma.ac.id dan http://black-kekuatanfikiran.blogspot.com/

11 thoughts on “Perbedaan Unix, Linux, MacOS, FreeBSD dan Solaris

  1. Belajar programmer dibandingin Microsoft Office? Ini Mas-nya yg aneh atau salah ketik? Yaaa jelaslah jauh jauh jauh lebih sulit menjadi seorang programmer dibandingin jadi tukang ketik…
    Namanya progammer harus ngerti bahasa pemrograman, harus mngerti sistem, dll…

  2. untuk pemula saran saya mendingan Ubuntu atau BlankOn. Tampilannya bagus, semua aplikasi standar yang biasanya dibutuhkan sudah tersedia, semoga membantu🙂

  3. Mas wahyu, saya ini masih awam tentang linux, kalau boleh tanya “dari solaris, ubuntu, edubuntu, fedora, & mandriva” mana yg cocok untuk saya?
    saya sih cari yg grafiknya menarik, gk usah server, aplikasinya banyak, dan mudah dijalankan. please bantu saya…! thanks

  4. belajar sistem operasi itu kunci suksesx adlah membiasakn diri menggunakanx. klo mo tau banyk tntg distro Linux,, intsal d kom. dan nikmati sistem operasi yg plg nurut di otak atik!

    1

  5. wadiedy mengatakan:

    dari pada pusing, mending tidur aja kita. toh gak kerja juga makan, ya gak.
    aku blajar tahunan hasilnya nol puthul

    “lw indonesia memliki org sperti ini smw, kpn bisa mjunya ank indo mas……”
    di mn ad k mauan pasti ad jlan, mngkin mas blajar smpai tahuan krna g` sungguh” dan g` ad niat, atw hnya ad tujuannya mngknya ikut”an blajr, mngknya mendpatkan hasil yg NOL”

    opsss sory mas`e…

  6. sebenernya kita bisa apa ngga tergantung kemauan kita untuk belajar, saya taun 2003 kerja harus mengerti tentang linux karena kantor saya bekerja beli sistem yg isinya linux dan di kantor saya tidak ada sama sekali yg bisa mengoperasikan linux. saya harus belajar keras pada waktu itu, dari kursus di inixindo sampe beli buku di gramedia dan ternyata dalam 2 taun saya udah mahir. setelah taun 2008 saya mulai beralih ke FreeBSD. jadi segala sesuatu tidak ada yg tidak mungkin, tergantung kemauan kita untuk belajar ajah. thanx.

  7. dari pada pusing, mending tidur aja kita. toh gak kerja juga makan, ya gak.
    aku blajar tahunan hasilnya nol puthul

  8. mengapa belajar programer baik unix atau linux dan sejenisnya itu sangat sulit. tidak semudah microsoft office. sebenarnya aku sangat pengen, tapi apalah daya, bagai pungguk merindukan bulan… tanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s