Perbandingan Windows7 dan PCLinux3D


https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/_H-s0-vq6GBE/SpX8fwTsHgI/AAAAAAAAAiA/fmi15nZDGNQ/s400/poster_linux_big_family1.jpghttps://i0.wp.com/img.hexus.net/v2/news/microsoft/windows7/windows7-conceptart.jpg

Setelah sekian lama DVD Windows 7 Release Candidate bonus dari Majalah Chip terbengkelai, akhirnya hari ini baru punya kesempatan untuk menginstalnya. Windows 7 yang bisa digunakan secara legal sampai 1 Juni 2010 ini diinstal pada komputer dengan spesifikasi :

  • Intel Dual Core 2.2 GHz
  • Memori 1 Gb
  • HD Sata 80 Gb dan IDE 10 GB
  • FastNet Cable Modem (Motorola)
  • VGA Nvidia 7200 GS
  • MFP Printer Laserjet Kyocera 1116
  • Deskjet Printer HP 656c

Instalasi berlangsung tanpa masalah dan selesai sekitar setengah jam … tidak berbeda jauh dengan instalasi PC Linux3D versi DVD. Perbedaannya … dengan ukuran harddisk yang hampir sama – sekitar 8 Gb – Windows 7 hanya menginstal dirinya sendiri dengan beberapa program penyertanya (Media Player, IE, Notepad, Paint, dll). Jauh berbeda dengan PCLinux3D yang sudah terinstal lengkap dengan berbagai macam program aplikasinya (Office, Internet, Graphic, Video, Audio, 3D, Animation, Development, Virtualization, Education, Game, dll).

Yang menarik … Windows 7 sudah bisa mendeteksi koneksi Internet secara sangat baik … begitu terinstal kita sudah bisa langsung terkoneksi dengan Internet. Kenyamanan menggunakan Internet ini sudah tersedia lama di PCLinux3D. Ini berbeda jauh dengan Windows XP …  dimana kita masih harus melakukan deteksi dan instalasi Internet secara tradisional.

Tugas berikutnya setelah terkoneksi Internet adalah mencari program anti virus yang paling pas. Pilihan jatuh pada Smadav …  yang secara mengejutkan ternyata mampu menangani virus-virus yang terus berkeliaran di Windows dengan baik. Sampai versi terkini, sayangnya Microsoft masih saja tidak mampu membuat nyaman penggunanya, berbeda jauh dengan Linux yang mampu memberikan kenyamanan kelas VIP sekalipun tidak dikawal dengan program anti virus terbaru.

Saatnya untuk relaks dan mendengarkan musik. Beberapa klik tombol sudah terdengar di speaker, seharusnya tidak ada masalah untuk memainkan musik langsung dari Youtube.com. Ooops … sayangnya ada sedikit gangguan kecil, Flash Player belum terinstal. Setelah bergaul sekian lama dengan PCLinux3D – yang semuanya sudah ready-to-use – memang cukup menyebalkan dengan gangguan-gangguan kecil seperti ini. Setelah klik klik mouse beberapa kali, akhrnya Flash Player terinstal dan musikpun mulai dimainkan di YouTube.

Tugas berikutnya adalah mengaktifkan printer Laserjet Kyocera dan Deskjet Hewlett Packard. Harapan untuk Windows 7 bisa mengaktifkan semua printer secara otomatis – seperti halnya modem Motorola di Fastnet – tak terkabul. Windows 7 mampu mengenali kedua printer ini tapi sayangnya tidak bisa menginstal driver secara otomatis. Berbeda jauh dengan PCLinux3D yang mampu mendeteksi dan menginstal driver-driver printer tersebut secara otomatis.

Mau tak mau … cara konvensional harus dilakukan lagi – instal driver printer satu persatu dari CD yang disediakan vendornya. Sayangnya, driver printer yang tersedia dalam CD tidak kompatibel sama sekali dan hanya bisa dipergunakan di Windows XP. Akhirnya, setelah beberapa kali bertanya pada paman Google, driver diperoleh dan kedua printer bisa berfungsi dengan baik, termasuk Scanner yang ada di MFP Kyocera.

Jelajah Windows 7 berikutnya adalah bermain game. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sebagian program aplikasi dan game Windows XP tidak kompatibel atau tidak bisa berjalan dengan baik di Windows 7. Dan ini berarti sebetulnya Windows 7 tidak berbeda jauh dengan Linux – yang diklaim Microsoft tidak bisa digunakan untuk bermain game (salah satu yang disebut adalah Warcraft). He he he … ternyata Microsoft kurang gaul … karena sekarang cukup banyak game (online) Windows XP yang sudah bisa dimainkan di Linux (termasuk Warcraft).

Sebelum ngegame, berikut ini ringkasan dari apa yang sudah sempat dicoba di Windows 7 dan perbandingannya dengan PCLinux3D :

PERBANDINGAN Windows 7 PCLinux3D Pemenang
Instalasi Setengah jam dengan sedikit program (IE, Media Player, Notepad, Paint) Setengah jam dengan banyak program terinstal lengkap (Office Suite, Game, Animation, 3D Suite, Video Studio, Graphic Editing, Internet Suite, Development Tool, dll) Linux
Keamanan Masih perlu program anti virus Sekalipun ada anti virus, tapi tidak terlalu diperlukan Linux
Kemudahan Internet+VGA+Sound autoinstal

Printer+Scanner autodetect tapi tidak autoinstal

Flash Player install manual

Internet+VGA+Sound autoinstal

Printer+Scanner autoinstal

Flash Player pre-install (siap pakai)

Linux
Kenyamanan Harddisk jadul IDE 10 Gb tidak terdeteksi … data tidak bisa diambil alias tidak bisa digunakan untuk bekerja :( Harddisk Sata dan harddisk IDE jadul terdeteksi dengan baik Linux
Keindahan Visual OK tapi tidak punya fitur 3D Desktop Visual OK dan Full 3D Desktop Linux
Produksi InterLOKAL (luar negeri … BOROS devisa) LOKAL (dalam negeri … HEMAT devisa) :) Linux
Harga Masih gratis, tapi sebentar lagi perlu keluar jutaan rupiah untuk menggunakannya (bukan memiliki !!!) Lebih murah 80% dan sudah disertai dengan Buku Panduan plus training gratis (Jakarta) Linux

Hasil akhir … Linux menang telak 7-0 !!!
Silakan dibandingkan sendiri dengan spesifikasi hardware dan software Anda … !!! (amar/igos – pclinux3d)

3 thoughts on “Perbandingan Windows7 dan PCLinux3D

  1. 1. Kenapa user lebih suka Weddows? Karena kebanyakan dari mereka pertama belajar komputer langsung memakai Weddows, akibatnya mereka suka itu.
    2. Kenapa produsen hardware cenderung ke Weddows? karena si Micro**** membuat mengikat perjanjian dengan produsen hardware, agar cepat laku (bisnis)
    3. Untuk peminat Linux relatif, Saya rasa orang-orang memiliki alasan tersendiri memilih OS yang akan mereka pakai, yang pasti hanya orang-orang yang cinta tanah air dan mengerti betapa ruginya jika pakai Weddows pasti suka Linux. karena orang Indonesia lebih suka yang praktis dan instant (meski dengan “membajaknya”)😀

  2. Yah, memang dari artikel anda pemenangnya adalah linux,
    pertanyaannya::

    BILA MEMANG LINUX LEBIH BAIK, kenapa pengguna lebih menyukai windows? kenapa pada produser hardware lebih cenderung ke windows? kenapa linux sampai sekarang ( mei 2010 ) peminatnya sedikit, padahal sangat murah dan gratis?

    PASTI ADA YANG SALAH DISINI… hmmmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s