4 program Linux untuk melihat penggunaan hard disk


Punya hard disk berukuran besar tidak menjamin Anda terbebas dari pesan kesalahan “Disk sudah penuh”. File program, game, musik, video, ebook dan data tidak henti-hentinya memenuhi hard disk. Jika Anda pernah mengalami hal serupa, sudah saatnya untuk menggunakan program penganalisa isi hard disk. Dengan mengetahui file-file yang tersimpan beserta ukurannya, Anda bisa dengan mudah memindahkan file-file yang jarang dipergunakan ke tempat lain atau mungkin menghapusnya jika tidak diperlukan lagi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menganlisa penggunaan hard disk di Linux.

KDirStat

KDirStat menampilkan isi folder/file beserta ukurannya. KDirStat juga menyertakan TreeMap yang memudahkan Anda dalam mengetahui file yang paling banyak memakan tempat di hard disk. Jika Anda pernah menggunakan WinDirStat di Windows, program ini adalah kloning dari KDirStat.

Untuk menggunakan KDirStat di CD/DVD 3D OS, klik menu Start > System > File Tools > KDirStat. Informasi lain tentang KDirStat bisa Anda baca di Buku 3D OS Bab 14. Utility

kdirstatKDirStat (WinDirStat di Linux)

 

Filelight
Berbeda dengan KDirStat yang menampilkan folder/file dalam bentuk kotak-kotak, FileLight menampilkannya dalam bentuk lingkaran. Anda bisa dengan mudah melihat isi folder dengan mengklik bagian dari lingkaran tersebut. FileLight tidak tersedia di CD/DVD 3D OS, tetapi Anda bisa menginstalnya dari DVD Repository atau langsung dari Internet melalui program Synaptic.

filelightFileLight

 

KDiskFree
Berbeda dengan KDirStat dan FileLight, program KDiskFree hanya bisa dipergunakan untuk melihat sisa ruang suatu partisi hard disk. KDiskFree tidak bisa digunakan untuk mengetahui ukuran folder/file apalagi untuk mengelolanya. Untuk menggunakan KDiskFree di CD/DVD 3D OS, bukalah menu Start > System > Monitoring > KDiskFree.

kdiskfreeKDiskFree

 

Disk Free
Di terminal/konsol Anda juga bisa mengetahui ukuran suatu partisi hard disk beserta sisa ruang yang ada dengan cara yang sangat mudah, yaitu menggunakan perintah ‘df’.

dfsumber : http://www.pclinux3d.com/

2 thoughts on “4 program Linux untuk melihat penggunaan hard disk

  1. Thanks for your Info,,
    bagi yang belum ngerti: ini maksudnya promosi toko obat online,, hehhehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s