10 Distro Linux Pas Netbook


http://bangloho.files.wordpress.com/2008/09/netbook.jpgKetika anda membeli sebuah netbook, kebanyakan dari anda mungkin akan mendapatkan netbook tersebut sudah terinstal dengan sistem operasi Linux Xandros ataupun versi dari ws. Meskipun sistem operasi Xandros merupakan sistem operasi yang tidak terlalu sulit untuk dioperasikan, tapi sepertinya dengan Xandros anda menggunakan sistem operasi yang terpaku dengan hardware. Namun, anda bisa merubah itu. Ada banyak distro Linux di luar sana yang dapat diinstal di netbook anda yang akan memberikan pengalaman yang sama dengan apa yang anda miliki di dalam sistem operasi standar laptop anda.

Beberapa di antaranya merupakan ‘campuran’ dari distro-distro populer yang dibuat khusus untuk hardware netbook. Sebagian dari distro-distro Linux tersebut dapat berjalan dengan cukup sempurna di netbook. Instalasi distro-distro Linux ini pun dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan dari Unetbootin. Dengan bantuan Unetbootin, anda dapat menaruh distro-distro Linux ke dalam sebuah drive USB sehingga menjadikan proses instalasi menjadi lebih mudah.

Satu hal yang perlu diperhatikan: Anda dapat menaruh distro apapun juga ke dalam netbook anda, tapi itu tidak dianjurkan. Kenapa? Karena sifat dari netbook itu sendiri, maka anda harus menghindari usaha penulisan drive RAM yang terlalu banyak dan anda tidak memerlukan partisi swap. Jadi distro Linux yang anda perlukan adalah versi yang spesifikasinya khusus untuk netbook. Anda dapat menggunakan distro Linux yang biasa, terutama jika netbook yang anda miliki menggunakan hard disk standar.

Dan inilah 10 distro Linux yang dapat anda pilih untuk diinstal di netbook.

1. Eeebuntu

Distro ini mungkin distro Linux terbaik untuk netbook. Eeebuntu berbasis Ubuntu dan karena Ubuntu dikenal sebagai salah satu distro Linux yang mudah dioperasikan maka Eeebuntu pun akan membuat para pengguna netbook tidak kesulitan dalam mengoperasikannya.

2. OpenGeeeU

OpenGeeeU merupakan salah satu distro Eee PC-sentris lainnya yang berbasis sistem operasi OpenGUE berbasis desktop Enlightenment. Enlightenment dikenal sebagai desktop yang ringan namun fungsional, namun untuk itu anda harus menyiapkan 4GB dari media penyimpanan yang dimiliki untuk bisa menginstal OS ini.

3. Mandriva

Mandriva merupakan salah satu distro standar yang dapat berjalan dengan baik di netbook. Dan faktanya Mandriva bekerjasama dengan sebuah perusahaan baru, Gdium, dalam membuat netbook dengan versi khusus dari Mandriva terinstal di dalamnya. Versi ini akan memiliki waktu proses boot yang cepat, desktop yang ringan dan codecs yang lengkap untuk memainkan semua jenis media.

4. Puppy Linux

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux yang paling ringan. Tidak hanya ringan, namun juga cepat dan menawarkan hampir segala yang dibutuhkan oleh sebuah netbook. Begitu anda instal distro ini, anda dapat merasakan kecepatan yang beda dibanding distro Linux lainnya.

5. OpenSuSE 11

OpenSuSE 11 adalah salah satu distro Linux utama yang mampu berjalan dengan baik di netbook, kecuali sedikit ‘tweaking’ di beberapa tipe netbook agar koneksi wireless bisa berjalan dengan baik. Selain ada sedikit masalah dengan koneksi wireless, di OpenSuSE 11 juga diperlukan sedikit perubahan pada konfigurasi xorg.conf agar resolusi dan kemampuan 3D dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

6. gOS Cloud

gOS Cloud adalah sistem operasi yang diciptakan khusus untuk netbook. Pemikiran dari gOS Cloud adalah merubah komputer anda sehingga tak lebih hanya digunakan sebagai browser web saja. Meskipun terkesan itu adalah sebuah pembatasan, namun jika dipikir-pikir bahwa tujuan pembuatan netbook memang untuk keperluan seperti itu. Semua aktivitas yang berhubungan dengan web seperti browsing, chating, kirim e-mail dapat anda lakukan.

7. CrunchEee

CrunchEee adalah edisi khusus Eee PC untuk Linux Crunchbang (#!). CrunchEee hadir beserta Firefox, VLC, Skype, Flash, dan banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya. Distro ini akan berjalan dengan baik pada Eee PC. Dan menjadikannya perpaduan dari distro Puppy Linux yang super ringan dan kemudahan penggunaan dari Eeebuntu.

8. Slax

Slax berbasiskan Slackware dan menawarkan pengalaman yang unik, anda dapat mengkustomisasikan distro anda bahkan sebelum anda mendownloadnya. Dengan menggunakan Build Slax, anda dapat menambahkan apa saja yang anda inginkan sehingga Slax dapat berjalan seperti harapan anda. Slax berbasiskan desktop KDE, yang aktualnya sebenarnya dibuat agar bisa dijalankan dari flash drive, meskipun bisa juga diinstal secara permanen ke netbook.

9. Debian

Debian selalu menjadi salah satu distro Linux terbaik untuk semua tujuan. Dikenal stabil, tangguh, aman dan memiliki banyak sekali paket software untuk diinstal (lebih kurang 20,000 paket). Debian dapat diinstal di hampir semua netbook. Walaupun nantinya mungkin anda akan menemukan masalah dengan resolusi dan kartu jaringan tapi anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mengedit file konfigurasi.

10. Fedora

Fedora di sebuah netbook dapat memberikan pengalaman tersendiri — tergantung hardware yang anda miliki. Di seri Eee PC 70x, tidak ada masalah. Di seri Eee PC 9x/1000, terdapat beberapa masalah. Di Acer Aspire, tidak ada masalah (bahkan untuk webcamnya). Masalah besar yang terdapat pada netbook yang terinstal Fedora adalah waktu bootnya. Dari semua distro yang sudah disebutkan di atas, maka Fedora merupakan distro yang paling lambat ketika startup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s