Microsoft dan Intel Kerjasama Hadirkan Komputer Tercepat


Tampilan Windows 7

SEATTLE, Untuk memantapkan kualitas Windows 7 yang akan dirilis mulai 22 Oktober 2009, Microsoft melakukan kerja sama pengembangan dengan Intel. Kerja sama ini bertujuan membuat Windows 7 mampu memaksimalkan fasilitas multithread dan multicore chip Intel saat penggunaan aplikasi komputer.

Sebuah fitur bernama SMT (Simultaneou Mutli Threading) mereka kembangkan untuk memudahkan pengguna komputer memecah tugas berat seperti encoding video dan image filtering ke dalam beberapa jaringan (threads). Hal tersebut diyakini bisa menjadi solusi kecepatan pemrosesan aplikasi.

“Semakin banyak core yang anda punya, makin baik,” jelas George Alfs, juru bicara Intel. Alf menambahkan bahwa Intel chip sekarang menggunakan arsitektur Nehalem yang mampu menjalankan dua thread tiap core. Hampir semua laptop dan komputer desktop sudah menggunakan arsitektur Nehalem ini.

Selain SMT, kedua perusahaan besar tersebut juga melakukan pengembangan driver dan BIOS level untuk mempercepat proses booting dan shut down komputer. Menurut Alfs, chip intel berasitektur Nehalem diyakini bisa mencapai hal tersebut dan Windows 7 memang didesain untuk memaksimalkan kinerja chip Intel.

Pengembangan di sektor hardware juga dilakukan oleh Intel dan Microsoft untuk mendukung kinerja Windows 7, tetapi sejauh ini kedua belah pihak belum mau berkomentar. Sebenarnya kerjasama Intel dan Microsoft ini bukanlah hal yang baru lagi.

Hampir semua komputer sekarang menggunakan Windows sebagai OS dan Intel sebagai chip processornya. “Intel dan Microsoft sudah bekerjama sama lebih dari 20 tahun. Target dari kerja sama mutual kami adalah menghadirkan pengalaman penggunaan komputer paling responsif,” tukas Joakim Lialias, Intel Alliance Manager.

KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s