Setelah Netbook, Terbitlah Smartbook


JAKARTA, Awalnya adalah notebook, lalu muncul smartphone, tablet PC, yang disusul oleh MID (mobile internet device), UMPC (ultra mobile PC), dan netbook. Seakan-akan itu semua belum cukup membuat konsumen bingung, kini akan hadir satu perangkat baru lain.

Namanya smartbook, begitu kata Qualcomm dan Freescale. Perangkat ini diposisikan sebagai pelengkap smartphone, dan harganya akan berada antara handset dan netbook rata-rata. Nah, kalau begitu apa beda smartbook dengan netbook?

Pertama, smartbook – yang akan berfisik amat mirip Sony VAIO P dan lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan umumnya netbook – disebutkan akan memiliki batere yang selama ini kita harapkan ada di sebuah netbook. Rata-rata 8 – 10 jam.

Kedua, perangkat ini akan mengemaskan konektivitas WWAN 3G secara built-in. Ini mungkin tidak terlalu istimewa, mengingat sudah ada beberapa netbook yang menyediakannya.

Ketiga, para manufaktur smartbook disebutkan sedang menyiapkan pengalaman ala smartphone – tetapi dalam bentuk fisik yang lebih besar – begi para penggunanya. Perangkat-perangkat tersebut sejauh ini akan ditenagai oleh chip Snapdragon milik Qualcomm atau Freescale, bukan Intel atau AMD.

Dari sisi software, smartbook akan jalan pada Linux yang unik, dengan lingkungan bergaya nyaris Instant-On OS. Tidak terlalu berat, atau ciamik, tetapi menyediakan akses cepat ke hal-hal mendasar seperti web browsing, e-mail, photo viewing, dan lain-lain.

Harga dan informasi kapan produk ini akan tersedia di pasar belum diungkapkan. Namun diperkirakan akhir tahun ini model-model pertama smartbook sudah akan bermunculan, dan mulai mengisi ajang pameran-pameran besar.

-KOMPAS.com –

One thought on “Setelah Netbook, Terbitlah Smartbook

  1. sorry nih kawan, bukan maksudnya spamming tapi cuma menyampaikan kabar gembira nih…

    ada lomba blog hadiahnya Notebook ACER Aspire dan banyak hadiah lainnya juga seperti Netbook Advan, Kamera Digital, modem HSPDA, dan ratusan USB Flash Drive.

    Caranya gampang, kamu gak disuruh ngebuat blog dengan tampilan yang macem-macem, tapi kamu cuman disuruh menulis dan mereview produk-produk.
    Untuk lebih jelasnya, klik disini untuk melihat ketentuannya

    buruan sebelum pendaftaran ditutup!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s