Asyik BBM turun lagi….!


setelah browsing terus buka kompas.com, eh… ternyata dapat berita BBM turun lagi, semoga aja terus turun,turun dan turun. bisa dibayangkan kalo BBM harganya Rp.1000 pasti kehidupan rakya Indonesia makmur dan sejahtera…! hehehehehehehe hanya di dunia mimpi itu terjadi. Yo wes baca berita dibawah ini.

JAKARTA, SENIN — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan sendiri kebijakan baru penurunan harga premium, Senin (12/1) petang. Harga premium turun dari Rp 5.000 per liter menjadi Rp 4.500, sedangkan solar dari Rp 4.800 per liter juga menjadi Rp 4.500. Harga baru itu berlaku mulai 15 Januari 2009.

“Penurunan premium ini berarti sebesar 25 persen sejak 1 Desember 2008, sementara penurunan harga solar berarti 18,2 persen sejak 1 Desember 2008, sedangkan harga minyak tanah tetap pada Rp 2.500 per liter,” kata Presiden di Kantor Presiden, Jakarta.

Presiden Yudhoyono, seusai sidang kabinet terbatas, juga mengumumkan penurunan tarif dasar listrik (TDL) untuk industri dengan meringankan biaya pokok pada saat puncak.

“Penurunan TDL ini diharapkan bisa mendorong penurunan harga barang dan jasa karena untuk industri tertentu akan ada penurunan cost of production (biaya produksi). Dengan penurunan TDL ini, kita harapkan dapat menurunkan harga satuan yang dijual ke masyarakat,” katanya.

Presiden juga mengatakan, penurunan harga BBM akan diikuti dengan penurunan tarif angkutan antarkota antarprovinsi sekitar 10 persen, terutama untuk penentuan tarif yang diputuskan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Menteri Perhubungan.

“Penurunan tarif ini berlaku mulai 15 Januari, sama dengan waktu penurunan harga BBM,” tegasnya.

Sementara itu, untuk penetapan tarif angkutan kota dan angkutan antarkota dalam provinsi diserahkan kepada kebijakan pemerintah daerah.

Kepala Negara menambahkan, kebijakan ini bisa menurunkan harga daging sapi menjadi kisaran Rp 50.000 per kilogram dari posisi kini sekitar Rp 62.000 per kilogram.

“Berapa penurunan harga daging sapi terpulang pada mekanisme pasar, tapi pemerintah mendorong dengan kebijakan yang konkrit,” katanya.

Presiden juga mengumumkan kebijakan untuk mengeluarkan insentif agar bisa menurunkan harga minyak goreng, terutama minyak goreng curah dari Rp 10.000 per liter menjadi Rp 7.000 per liter.

Khusus untuk masyarakat miskin akan dikeluarkan minyak goreng curah dalam kemasan khusus dengan harga Rp 6.000 per liter.

Presiden Yudhoyono mengatakan akan mengupayakan agar harga susu dan obat-obatan, terutama obat generik, dapat turun.

Hadir dalam sidang kabinet terbatas itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Widodo AS, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Perekonomian Sri Mulyani, Mendag Mari Elka Pangestu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menperin Fahmi Idris, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s