Pembahasan Soal UTS Matakuliah RW2012


[Soal UTS]

  1. Jelaskan pengertian dari website engineering, hypermedia engineering, document engineering, content engineering, dan internet software engineering!
  2. Sebutkan dan jelaskan tantangan kebutuhan dalam rekayasa web!
  3. Pemodelan aplikasi ada 3. Sebutkan dan jelaskan!
  4. Jelaskan perbedaan antara pattern dan framework!

[Pembahasan]

    • Website engineering adalah suatu model rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi web yang berkualitas tinggi yang memiliki konsep dan prinsip mendasar dari rekayasa perangkat lunak (software engineering).
    • Hypermedia engineering adalah kumpulan dari halaman-halaman multimedia yang saling berhubungan di situs web yang terdiri dari home page dan halaman hyperlink lain dari multimedia atau campuran media seperti teks, grafik, gambar foto, klip video, audio dll.
    • Document engineering adalah disiplin ilmu komputer yang meneliti sistem untuk dokumen dalam bentuk apapun dan di semua media. Seperti dengan hubungan antara rekayasa perangkat lunak dan perangkat lunak, rekayasa dokumen berkaitan dengan prinsip-prinsip, alat dan proses yang meningkatkan kemampuan kita untuk membuat, mengelola, dan memelihara dokumen. Dalam konteks rekayasa dokumen, dokumen umumnya mengacu pada potongan memerintahkan informasi yang digunakan oleh aplikasi komputer atau layanan web daripada langsung oleh rakyat. Rekayasa dokumen ini memiliki relevansi khusus di bidang desain kosakata XML.
    • Content engineering adalah aplikasi berbasis web yang memiliki sistem sedemikian sehingga memberi kemudahan kepada para pengguna sekaligus juga pengelolahnya.
    • Internet software engineering adalah cabang ilmu dari Computer Sciences yang mempelajari berbagai metodologi dan alat bantu pengembangan perangkat lunak secara sistematik.
  1. Multidisciplinary; melibatkan pakar dari berbagai bidang
    Tiadanya Stakeholder; Manajemen proyek harus menunjuk wakil yang tepat untuk menyediakan kebutuhan yang realistis.
    Kebutusan dan Batasan “Mengambang”; Aplikasi dan lingkungannya sangat dinamis, kebutuhan dan batasan lebih sulit untuk distabilkan.
    Lingkungan Operasional Sulit Diprediksi; Lingkungan operasional dalam aplikasi web sangat dinamis. Sulit diprediksi.
    Pengaruh Sistem Warisan; Pengembang web menghadapi tantangan untuk mengintegrasikan sistem warisan.
    Pentingnya Aspek Kualitas; Aspek kualitas menentukan suksesnya aplikasi web (kinerja, keamanan, availability, atau usability)
    Kualitas User Interface; User interface sangat penting untuk melengkapi definisi dan dekripsi dari kebutuhan
    Kualitas Contents; Selain teknologi software, pengembang harus memperhitungan contents, terutama pembuatan dan perawatannya
    Kurangnya Pengalaman Developer; Kurangnya pengalaman developer dalam mempergunakan teknologi, dapat menyebabkan kesalahan dalam memperkirakan kejadian dan biaya menerapkan kebutuhan.
    Tanggal Delivery Perusahaan; Semua aktifitas dan keputusan harus memenuhi suatu deadline proyek harus sudah ditentukan
  2. Content; Informasi dan logik aplikasi di bawah aplikasi web.
    Hypertext; Penstrukturan content ke dalam node-node dan link antar node.
    Presentation; user interface atau layout halaman (page).
  3. Pattern adalah solusi umum yang dapat digunakan kembali pada permasalahan umum yang sering terjadi pada software design.
    Fremework adalah sekumpulan fungsi, class, dan aturan-aturan. Berbeda dengan library yang sifatnya untuk tujuan tertentu saja, framework bersifat menyeluruh mengatur bagaimana kita membangun aplikasi.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s