Apa itu HSDPA, 3G, EVDO dan WCDMA?


Sering kita temui tulisan HSDPA, 3G,WCDMA, dan EVDO dalam ‘teman pintar’ yang kita miliki, tapi apakah kita mengerti apa maksud dari itu semua? jangan-jangan semua tidak tahu dengan semua istilah di sekitar kita. yayayaya. but anyway no problems, because now i will share all to you. right, start from HSDPA. apa itu HSDPA?

HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Paket Access dalam bahasa indonesianya gini renk klo HSDPA yaitu kemampuan modem dalam mendownload file-file yang ada di internet ke komputer user/laptop si user. Contoh : download MP3 dari internet. ada yang menyebutkan HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang.(wikipedia)

ada lagi yang namanya HSUPA itu adalah singkatan dari High Speed Upload Paket Access dalam bahasa indonesianya gini , klo HSUPA yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook kita.

Oke, sudah mulai mengerti tentang teknologi jaringan HSDPA dan HSUPA? right, now lanjut ke teknologi 3G. seringkali kita mendengar teknologi ini, kita belajar yook tentang apa itu 3G.

3G (dari bahasa Inggris: third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi teleponnirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.

Sedangkan  untuk pengertian WCDMA adalah teknologi yang digunakan di GSM (halo, simpati, mentari, xplor dll) sedangkan teknologi untuk mendukung kecepatan tinggi pada jaringan CDMA CDMA (Fren,Esia,Flexi,Starone) namanya EV-DO.

W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.

EVDO atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.(wikipedia)

EVDO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2,4 Mbps untuk EVDO Rev.0, dan 3,1 Mbps untuk EVDO Rev.A, sementara untuk EVDO Rev.B masih belum diketahui berapa kecepatan yang bisa dihasilkan oleh revisi ini, yang pasti tentunya kapasitas bandwith transmisinya lebih unggul ketimbang dua EVDO sebelumnya.

***

dirangkum dari berbagai sumber.

 

About these ads

36 thoughts on “Apa itu HSDPA, 3G, EVDO dan WCDMA?

  1. wahyu says:

    knapa di samsung glaxy y saya kalau mode jaringan GSM/WCDMA diaktfkan slalu dilayar “:hanya panggilan darurat”
    tp kalau mode jaringan GSM hpe tu normal
    mksh

  2. Penjelasan nya sangat membantu sekali, mudah dipahami dan sangat jelas. terima kasih sekali atas sharenya ya bro…! (y)

  3. mike says:

    “EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio”

    di Samsung galaxy S2 GSM tp ada pilihan tuk EVDO nya dan bisa dipakai jg..

  4. Nambahin dikit ya gan :)
    Evdo Rev B secara teori bisa mencapai 14.7Mbps
    Masalahnya semua kecepatan itu bukan dikontrol oleh modem.
    tetapi operator yang mengontrol sesuai paket internet yang dibeli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s